Jumat, 21 Oktober 2016

HIMstage : Pekerja ( Bangku Taman )


4 Oktober 2016 – Jakarta – Bangkutaman, group band asal Jogja yang lama hijrah ke Jakarta kembali dengan mini album mereka bertajuk Rileks. Mini album ini mencatat kembalinya unit folk rock ini ke blantika musik Indonesia setelah lepas dari album studio kedua mereka, Ode Buat Kota yang dirilis tahun 2010.
 
Di antara jeda tahun itu sampai sekarang, mereka juga sempat merilis single "Langkah Baru" dan "Iblis Jalanan".
 
Mini album Rileks ini sekaligus tercatat sebagai mini album keempat bangkutaman setelah sebelumnya mereka merilis Garage Of The Soul di tahun 2005.
 
Adapun sesi rekaman mini album 'Rileks' ini dilakukan pada sebuah karantina yang ketat dari tanggal 23 sampai 29 November 2015 di BSP Pro Music Studios, Cibubur kemudian disempurnakan kembali di sesi kedua yang berlangsung sehari penuh tanggal 25 September 2016 di Studio Taman, Jakarta. Pengerjaan mini album ini tidak lepas dari peran David Tarigan sebagai penasehat sekaligus pembimbing musik, selebihnya semua proses rekaman dilakukan murni oleh Bangkutaman sendiri.
 
Rileks menurut bahasa Indonesia adalah bersenang-senang, bisa juga beristirahat atau mengaso, atau juga bisa berarti tidak resmi, tidak kaku alias santai.
 
"Ini semua adalah fase bangkutaman sekarang, yang memang lagi santai banget, meski dalam status band belum terlalu mapan, namun kita nikmati fase ini. Musik hari ini menurut bangkutaman adalah obat stres dari pekerjaan masing-masing personilnya," ungkap vokalis dan gitaris Wahyu 'Acum' Nugroho.
 
Rileks juga menurut sang vokalis ini bisa berarti sesuatu yang positif, rileks memberikan semangat.
 
"Buat pekerja yang biasa dikejar deadline, ketika teman kerjanya bilang 'rileks, jon' nah itu bukan berarti negatif, tapi justru memberi perhatian dan semangat untuk mengerjakan pekerjaanya dengan baik tanpa harus diburu waktu,"ungkapnya.
 
Single yang dijagokan dari mini album ini adalah "Pekerja". Single yang ditulis oleh gitaris Irwin Ardy ini menurutnya mewakili dari mini album ini.
 
"Sebenarnya Bangkutaman punya 12 lagu baru, tapi setelah diskusi, yang terpilih 4 lagu ini dulu. Dari 4 lagu ini, semua orang yang sudah mendengar pasti jatuh cinta sama lagu ‘Pekerja’. Mungkin karena memang sederhana dan mudah dikunyah. At some point, lagu ini sepertinya bisa mewakili siapa saja yang menjadi karyawan. Curhatan masa lalu yang menyenangkan untuk dikenang," ungkapnya.
 
Lewat single "Pekerja" bangkutaman mencoba memotret kondisi mereka sendiri sebagai karyawan alias pekerja juga orang-orang lain yang memiliki profesi yang sama dengan mereka.
 
Mini album 'Rileks' akan dirilis oleh La Munai Records dalam format kaset pita ini bertepatan dengan perayaan International Cassette Store Day yang jatuh pada tanggal 8 Oktober. Video lirik dari lagu “Pekerja” akan live tanggal 7 Oktober 2016 di akun YouTube resmi Bangkutaman dan juga website SRM.
 
Bangkutaman
 
La Munai Records
 
Contact:
Bangkutaman
Wahyu Nugroho  |  +62 8710409142
 
La Munai Records
Rendi Pratama   |  +62 81320300803
 
Booking Agent
T: +62-818-496-654 | T: +62-818-496-654

Tidak ada komentar:

Posting Komentar